Welcome to "District13"

Minggu, 13 Maret 2011

wikileaks dan Berita tentang SBY

     Bocoran kawat WikiLeaks kembali berulah. Kali ini bocaran kawat dari Kedubes AS di Jakarta itu memuat soal Presiden Susilo Bambang Yudhyono yang dinilai menyalahi kewenangannya.
Berita ini dimuat di halaman utama Harian The Age, Australia, Jumat, dengan judul 'Yudhoyono Abused Power'. Dalam tulisannya, SBY dituding terlibat kasus korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan. Dalam kawat yang tidak diketahui nomor dokumennya itu, SBY dikatakan secara personal terlibat untuk mempengaruhi jaksa penuntut dan hakim untuk melindungi sejumlah tokoh politik.
SBY juga dikatakan menggunakan Badan Intelejen Negara untuk memata-matai sejumlah rival politiknya, termasuk salah satu mantan menteri senior di kabinetnya. Dokumen juga menunjukkan, mantan wapres SBY membayar jutaan dolar AS untuk membeli pengaruh di salah satu partai terbesar di Indonesia. "Istri Presiden SBY dan keluarganya memperkaya diri sendiri lewat koneksi politiknya," demikian WikiLeaks.
Kabar 'buruk' ini ditayangkan media Australia saat Wapres Boediono sedang kunjungan kenegaraan di negara tersebut. Sebelumnya, Boediono mengatakan hubungan Australia-Indonesia memang 'panas dingin'.

Apa yang dilakukan pemerintah untuk Menjaga reputasi Presiden di mata dunia ?
Jalur HUKUM kah ??
Julian mengaku ada kemungkinan tidak dilanjutkan. Walau sebelumnya ada opsi bahwa pihak Istana akan mengajukan hak jawab terkait berita itu. Termasuk usulan dari beberapa pihak untuk menuntut kedua media dari Australia itu secara hokum namun dikarenakan permintaan maaf dari harian Sydney Morning Herald dan memuat bantahan terhadap berita yang menyudutkan SBY, untuk saat ini tindakan hokum tidak dilanjutkan

2 komentar:

  1. terlalu byk berita simpang siur mengenai pak sby,apalg stlah beliau mnjbat presiden lg.
    entah dsengaja atau tidak, tp mnurut pribadi gw ada udang dbalik batu.
    cz byk keganjilan yg trjd dlm stiap msalah,
    brita yg tiba" ada tp juga tiba" menghilang.
    maaf,bkn brati menuduh suatu pihak atau berpihak pada suatu pihak.
    namun smua brdasar dr apa yg saya amati nd saya rasakan.
    smua trgantung kalian yg melihat

    what is right nd wrong?

    BalasHapus
  2. untuk urusan politik, ga akan pernah ada yang bener
    POLITIK ??
    cuma ngbuat yg bersih jadi KOTOR, lama kelamaan jd doyan MOLOR
    hehe'
    u know lah ?? ;)
    yg Putih jadi Hitam, yang HITAM tmbah SURAM

    BalasHapus